FAQ

asuransi jiwa

Pertanyaan yang sering ditanyakan nasabah

Q = Questions  A = Answer

Tentunya banyak sekali pertanyaan calon nasabah saya ketika saya memberikan mereka sharing kenapa saya memilih Allianz asuransi jiwa sebagai mitra saya yang saya yakin akan berguna disaat saya pensiun / pindah dunia🙂 juga memberikan pemahaman akan pentingnya memiliki asuransi jiwa, saya akan rangkum beberapa pertanyaan tersebut.

Q : Kenapa Allianz berani memberikan uang pertanggungan sebesar itu ? beda sekali dengan perusahaan asuransi lain.

A : Setau saya pak/ibu pemerintah memberikan aturan bahwa semua perusahaan asuransi harus kembali mengasuransikan sebagian ( 30-60%) uang pertanggungannya kepada perusahaan Re-asuransi dunia maupun lokal. dan perusahaan Re-asuransi terkemuka dunia adalah dibawah naungan Allianz Group, sehingga biaya yang dibebankan untuk meng Re-asuransi itu bisa di minimalkan dan tidak berdampak banyak kepada si nasabah. sehingga Allianz asuransi jiwa dapat memberikan uang pertanggungan dengan nilai besar dengan premi yang cukup murah dibandingakan apa yang ditawarkan perusahaan asuransi lainnya.

Q : Pak Hendra, kenapa bapak yakin kepada perusahaan Allianz ini dan tidak ke perusahaan asuransi yang katanya No 1 di Indonesia, untuk memberikan perlindungan finansial jangka panjang ?

A :  Sebenarnya waktu itu saya simpel aja pak/ibu ketika saya memutuskan untuk menjadi nasabah di Allianz asuransi jiwa.

1. Prestisius pak hahahaha, entah kenapa saya ini sangat senang dengan produk jerman begitu saya mendengar Allianz didirikan pertama kali pada tahun 1890 di jerman saya mulai tertarik (wahh berarti sudah 2 kali perang dunia terlewati dan krisis ekonomi global tahun 1998 terlewati tanpa ada penurunan kinerja) dan lagi seperti kita ketahui mobil premium buatan jerman terkenal akan keamanan & handal. pokoknya orang yang di dalam mobil harus seminimal mungkin lukanya bahkan jangan sampai luka walaupun mobil tersebut hancur cukup parah (safety first). seperti Mercedes Benz & BMW merek yang terkenal di dunia dan di Indonesia. sehingga ada pandangan masyarakat bahwa kalau kita pakai mobil jerman tersebut prestisius kita naik dan ini memang dibuktikan akan produk buatan jerman tersebut. oleh karena itu saya yakin akan perusahaan Allianz ini yang dulunya merupakan perusahaan jerman naik menjadi perusahaan eropa (bisa dibayangkan berapa total aset yang dimilikinya)

2. Perusahaan asuransi jiwa Allianz ini juga nomer 1 pak tapi skalanya dunia bukan Di Indonesia saja. saya membuktikannya dengan mencari informasi di Forbes, Fortune melalui Google. mungkin Bapak/Ibu ingin mencari tahu sendiri silakan klik link ini https://allianzlifeinsurance.wordpress.com/2013/07/22/allianz-merupakan-perusahaan-asuransi-terkemuka-dunia/

3. Allianz memberikan uang pertanggungan terbesar dibanding perusahaan asuransi lain, saya merasa premi yang saya setorkan per bulan dihargai oleh Allianz dengan sangat besar dengan cara memberikan saya uang pertanggungan dengan nilai fantastis ( uang kecil beli uang besar benar-benar terjadi di Allianz ini )

4. Biaya asuransi yang kecil, sehingga premi yang saya setorkan tidak terbuang oleh beban biaya asuransi oleh karena faktor itu juga Allianz dapat memberikan uang pertanggungan yang besar.

Q : Di Allianz Berapa persen sih biaya akuisinya ?

A : jadi berapa besar yang di alokasikan untuk investasi tertulis dengan jelas di polis asuransi saya seperti dibawah ini, sedangkan diperusahaan asuransi lain yang saya tahu tahun ke 1 saja 0%, tahun ke 2. 40%, tahun ke 3. 85% ke 4. 85%, ke 5. 85% ke 6. 100% kapan dana investasi saya akan terbentuk dan terlalu kecil pertumbuhannya untuk keperluan disaat pensiun.

Di Allianz biaya akuisinya seperti ini

  • Tahun ke 1. 25.00%
  • Tahun ke 2. 60.00%
  • Tahun ke 3. 85.00%
  • Tahun ke 4. 92.50%
  • Tahun ke 5. 92.50%
  • Tahun ke 6. dst 105.26%

Q : Jika terjadi sesuatu pada saya dan memenuhi kriteria untuk proses klaim apakah sulit untuk pengajuan klaim tersebut ?

A : Sangat tidak sulit dan pasti akan dibayarkan sesuai dengan uang pertanggungan di polis asuransi jika semua kriteria dan dokumen telah dilengkapi, Allianz akan membayarkan selambat lambatnya 14 hari kerja dari saat disetujuinya. banyak contoh klaim nasabah dengan uang pertanggungan 1 s/d 5 miliar telah di bayarkan oleh Allianz. klik disini untuk melihat bukti klaim tersebut.

Q : saya belum butuh asuransi pak hendra, karena saya masi sehat

A : Setuju pak/ibu tentu saja bapak masi sehat saat ini, karena saya tidak mungkin menawarkan program perlindungan finansial ini kepada orang yang telah sakit kritis, tentu saja pihak perusahaan asuransi akan menolaknya. justru sekarang selagi masi sehat dan untuk melindungi hasil jerih payah bapak/ibu jangan mau ketika kita terkena musibah harus memaksa pakai uang hasil jerih payah kita sendiri, sia-sia pak uang yang kita kumpulkan selama ini habis begitu saja untuk biaya pengobatan.

Q : Selama ini saya paling sakit biasa saja demam, flu dll penyakit kecil lah, masa saya bisa terkena penyakit kritis saya jaga pola hidup dan olah raga rutin.

A : Bapak luar biasa karena memikirkan kesehatan dengan menjaga pola hidup dan rajin olah raga, saya aja masih ga rutin olah raga pak🙂 makan juga susah dikontrol apa aja masuk hehehe. bapak pernah denger ada yang meninggal sesaat setelah olah raga ? seperti artis adji masaid ? dia pasti sangat yakin akan kesehatannya, tetapi sekali lagi pak sakit itu ga bisa di pilih. sakit berat atau ringan bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal umur, pola hidup dll. mari kita samakan persepsi pak liat kelima jari bapak

  1. setuju gak kalau kita seumur hidup tidak mungkin sakit, kecelakaan, cacat, tua, meninggal ?
  2. memang kita bisa memilih penyakit apa yang ingin kita derita ? saya pilih yang ringan saja jika terkena penyakit bisa kah kita pilih ?
  3. tahukah kita kapan akan kenanya ?
  4. apapun yang terjadi, semuanya kalau ingin sembuh pasti perlu uang kan ?
  5. ingin pakai uang sendiri atau uang dari Allianz ?

untuk bapak/ibu yang membaca tulisan ini bapak bisa klik disini untuk lebih jelasnya

Q : saya sanggup lah bayar segala biaya pengobatan saya

A : setuju pak, pasti lah bapak sanggup untuk bayar pengobatan, tapi bapak pernah dengar orang yang bangkrut karena biaya pengobatan ? mungkin bapak tidak pernah terpikirkan penyakit kritis yang butuh biaya besar bisa menyerang siapa saja, puji tuhan sampai saat ini kita masi sehat dan hanya pernah terjangkit penyakit demam, sakit gigi, demam berdarah dll yang sifatnya umum. sehingga kita masi merasa sanggup untuk bayar biaya pengobatan sendiri. bagaiman jika kanker, serangan jantung, gagal ginjal, stroke ? tentu butuh biaya besar untuk berjuang agar sembuh. dan itu akan menguras tabungan yang selama ini kita kumpulkan dengan susah payah dan tentunya ada biaya yang tetap harus diberikan kepada keluarga yang masi sehat. lebih baik pakai uang pertanggungan dari Allianz sehingga tabungan saya tidak terganggu jika sampai hal itu terjadi.

Q : Uang yang saya setorkan tiap bulan bisa saya ambilkan jika saatnya dibutuhkan ?

A : Tentu saja pak bisa diambil ini kan tabungan bapak, namun ada hal hal yang bapak perlu ketahui. di proses awal saat saya memberikan simulasi dan menjelaskan ke bapak/ibu disana ada tabel proyeksi investasi, uang bapak/ibu akan kembali + profit di tahun ke 10 jadi jika bapak/ibu ingin mengambilnya di tahun ke 5 atau 6 nilai tabungan yang terbentuk +- seperti yang ada di simulasi tersebut.

Q : apakah saya tetap terlindungi jika saya mengambil uang tersebut ?

A : Yak, diri bapak/ibu akan tetap terlindungi selama dana tabungan yang terbentuk masih cukup untuk membiayai polis asuransi bapak🙂 oleh karena itu jika ingin diambil jangan dikosongkan pak/ibu tapi sisakan untuk membayar polis asuransi bapak/ibu dan segera lah menabung lagi jika keadaan membaik sehingga polis asuransi bapak/ibu akan bekerja lagi untuk melindungi bapak/ibu

Q : susah ya pak hendra untuk menyakinkan ke nasabah akan pentingnya memiliki asuransi jiwa

A : Lumayan susah🙂 padahal memiliki Asuransi jiwa tidak ada ruginya, tetapi cepat atau lambat pasti masyarakat indonesia kana memiliki polis asuransi karena rencananya akan di wajibkan oleh pemerintah untuk memiliki asuransi jiwa, jika saat itu tiba saatnya para nasabah lah yang dengan bijak memilih perusahaan asuransi mana yang akan dijadikan mitra perlindungan finansialnya.

Q : saya pernah dengar dari teman katanya sebelum meyakinkan untuk memilih perusahaan asuransi pastikan perusahaan tersebut memiliki Risk Base Capital yang sehat dan besar sehingga dalam jangka waktu panjang tidak akan terjadi kasus bangkrut seperti yang baru-baru ini terjadi ( 13/09/2013 OJK cabut ijin usaha asuransi karyamas sentralindo)

A : Pasti dong pak/ibu tentu kita sebagai nasabah harus dengan bijak memilih perusahaan dimana kita akan menaruh harapan dana besar saat tiba waktunya ( karena kita tidak bisa terhindar dari yang namanya sakit, kecelakaan, cacat, tua & meninggal ) Allianz memiliki nilai RBC 505% per akhir 2010 dari ketentuan pemerintah yang mengharuskan setiap perusahaan asuransi memiliki nilai RBC sebesar 120% baca detail mengenai RBC disini

Q : Asuransi itu untuk orang kaya, bukan untuk orang ber ekonomi seperti saya pak Hendra.

A : Betul pak/ibu ketika awal saya di tawarkan untuk memiliki polis asuransi Allianz saya juga berfikir sama seperti ibu, tetapi akhirnya saya mengerti kenapa orang kaya pasti punya polis asuransi. mereka ingin melindungi asetnya, mereka tidak ingin memakai uang yang telah dikumpulkan dengan susah payah & walaupun mereka tidak memiliki asuransi mereka masih bisa menjual aset-aset mereka (mobil, rumah, apartmen, dll) untuk membiayai pengobatan mereka. namun apa jadinya jika kita tidak punya polis asuransi jiwa ?? jual aset ? jual rumah ? jual mobil ? bangkrut donk ?? orang kaya sih pasti masih ada aset yang tersisa walaupun sudah dijual, sedangkan kita asetnya memang sebanyak apa ?

Q : Saya ingin menjadi nasabah di Allianz bagaimana caranya pak ?

A : Tentu saja kondisi nasabah harus sehat, siap menyisihkan minimum 10% dari pendapatan bapak/ibu untuk disiplin menabung di tapro (tabungan proteksi) asuransi jiwa Allianz yang pasti akan berguna disaat tiba waktunya. dan ada beberapa pertanyaan yang harus bapak isi sendiri di formulir permohonan asuransi jiwa jadi lebih baik kita membuat janji temu dan menjelaskan ulang sebelum saya bisa membantu untuk pengajuan permohonan polis asuransi bapak/ibu

Ini adalah pertanyaan yang umumnya saya alami ketika berhadapan dengan calon nasabah, akan saya tambahkan lagi jika saya mendapati pertanyaan baru🙂

Mari ber-Asuransi ! klik disini untuk menghubungi saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s